Apa yang anda cari ?


CSS

Rabu, 23 Mei 2012

Sering Kencing Gejala Apa ya?

·

Kanker ProstatPertanyaan :Dokter yang terhormat, saya punya masalah sering kencing, mungkin tiap 20 menit harus bolak balik kamar kecil. Apalagi apabila cuaca dingin, apakah ini merupakan gangguan prostat atau infeksi saluran kencing begitu ya dok?
Yudi Priatna,38 Tahun - Bandung
Jawaban :
Untuk Bapak Yudi yang terhormat, terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Semoga gejala ini hanya bersifat temporal saja. Namun demikian dapat saya sampaikan bahwa kondisi serta gangguan pola buang air kecil yang bapak alami dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor terkait.
Seperti misalnya dapat distimulasi oleh kondisi cuaca yang dingin maupun jumlah asupan mineral yang dikonsumsi. Dalam konteks ini, berkemih adalah ekspresi yang normal dalam mengeluarkan sisa hasil metabolisme. Tingkat kekerapan yang dialami untuk buang air kecil sangat berbeda setiap orang.
Perlu evaluasi atas kondisi fisik bapak, guna mendapatkan diagnosa yang terkait dengan gejala sering buang air kecil tersebut tentunya. Dalam beberapa aspek, hal itu bisa juga disebabkan oleh gangguan prostat ataupun kondisi yang disebut irritable bladder, yaitu kondisi dimana kandung kemih mudah mengalami rangsangan, sehingga pada cuaca dingin maupun stress.
Dalam kondisi tersebut diatas, volume air kencing yang diperlukan untuk menimbulkan rangsangan terhadap rasa ingin buang air kecil meningkat. Selain itu dapat pula mengindikasikan adanya infeksi saluran kencing juga bisa menimbulkan gejala kencing sedikit- sedikit dan sering.
Untuk jenis pengaruh terakhir yakni infeksi saluran kencing, namun biasanya diliputi rasa nyeri pada perut bawah atau disaluran kencing, buang air kecil tersa panas, warna urine keruh, disertai darah, ada demam, dan sebagainya.
Kami sarankan, apabila keluhan tersebut sering muncul, baik dalam cuaca dingin/ panas, serta disertai gejala diatas, maupaun dalam kondisi yang sudah sangat mengganggu kegiatan yang dilakukan dalam rutinitas bapak, sebaiknya segera berkonsultasi/ memeriksakan diri langsung dengan dokter Anda. Demikian, semoga bisa bermanfaat. (YV)

dr Yovita, SpPD
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Mari berpartisipasi dalam berkomentar,dengan diberikannya hak untuk menyatakan pendapat dan berbicara ,mari nyatakanlah pendapatmu tentang artikel diatas asalkan tidak berunsur SPAM/Penipuan,tidak berbau pornografi dan menggunakan bahasa yang ramah.

handapeunpost